Senin, 04 April 2005

Jalan Ahmad Yani (NOL KILOMETER)


Disekitar titik NOL KILOMETER ini terdapat Beberapa Gedung besar peninggalan Jaman BELANDA yakni, Istana Negara Jogjakarta atau Gedung Agung, Bank BNI, Kantor POS, Monumen Serangan Umum 11 Maret, dan Benteng Vredeburg serta Pasar BeringHarjo.
 Di penghujung jalan “karangan bunga” ini, wisatawan dapat mampir sebentar di Benteng Vredeburg yang berhadapan dengan Gedung Agung. Benteng ini dulunya merupakan basis perlindungan Belanda dari kemungkinan serangan pasukan Kraton. Seperti lazimnya setiap benteng, tempat yang dibangun tahun 1765 ini berbentuk tembok tinggi persegi melingkari areal di dalamnya dengan menara pemantau di empat penjurunya yang digunakan sebagai tempat patroli. Dari menara paling selatan, YogYES sempat menikmati pemandangan ke Kraton Kesultanan Yogyakarta serta beberapa bangunan historis lainnya.
Sedangkan Gedung Agung yang terletak di depannya pernah menjadi tempat kediaman Kepala Administrasi Kolonial Belanda sejak tahun 1946 hingga 1949. Selain itu sempat menjadi Istana Negara pada masa kepresidenan Soekarno ketika Ibukota Negara dipindahkan ke Yogyakarta.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar